Sep 2, 2015

Mau Memulai Bisnis, Ini 5 Tips yang wajib di ikuti


Gambar Ilustrasi
Menjadi seorang pebisnis bukanlah hal yang tidak mungkin. Siapa saja bisa melakoninya. Tidak padang bulu apa pun latar belakang suku, agama, pendidikan dan lain sebagainya. Yang terpenting adalah tekun dan tegar bekerja.

Tetapi memulai bisnis kadang-kadang menjadi sesuatu yang tidak mudah. Terdapat banyak halangan dan ringtangan yang mesti dihadapai. Oleh karena itu seseorang yang ingin memulai bisnis perlu memikirkan kiat-kiat yang baik untuk berbisnis.

Nah, kali ini Rumah Rekabar akan memberikan 5 tips bagi kamu yang ingin memulai bisnis.

1. Cobalah Untuk Fokus

Seorang yang bermimpi menjadi pengusaha sukses kadang kala melihat banyak peluang yang menguntungkan untuk dikembangkan. Akibatnya ia kadang kalah 'rakus' untuk mengarap semua peluang bisnis yang ada.

Tetapi, tau tidak. Ini kesalahn besar. Tidak mungkin Anda yang pemuluh dapat semua hal yang menarik perhatian Andah. Ingat dunia bisnis selalu punya banyak tantagangan.

Sebagai pemulah dalam dunia bisnis sangat disarankan untuk fokus pada satu bidang. Jangan ambil semua. Lebih baik mengerjakan satu hal dengan hasil yang memuskan dari pada mengarap 10 bidang dengan hasil yang sia-sia.

2. Apa yang Kamu sukai

Tidak jarang, seorang yang ingin menjadi pebisnis bingung menentukan pilihan, kira-kira komoditi apa yang akan ia garap. Bisa jadi karena terlalu banyak ide, ada bahkan tidak memiliki ide sama sekali.

Mengakalinya, mulailai dengan apa yang kamu sukai. Tanyakan pada dirimu hal-hal apa yang selalu kamu kerjakan tanpa mengenal waktu.

Mengerjakan sesuatu yang kamu sukai akan membuat kamu bersemangat.

3. Teruslah Belajar

Jangan perna bosan untuk belajar. Bagi seorang pebisnis baik pemulah maupun yang telah sukses belajar adalah sebuah kewajiban. Belajar untuk meperdalam pengetahuan tentang bisnis sekaligus mengasa kemampuan dalam bidang yang kamu geluti.

Jangan takut kekurangan bahan. Abad ini adalah abat pengetahuan. Jika kamu fokus dan menamkan niat untuk terus belajar, dengan mudah kamu bida menemukan sumber-sumbernya. Bisa dari pengalamanmu sendiri, internat, media masa ataupun buku-buku.

4.Kuasailah Konsep Bisnis 100%

Menguasai konsep bisnis dengan utuh, terutama bidang yang kamu geluti adalah wajib hukumnya. Apalagi ketika ketika hendak menjalani kerja sama dengan orang lain.

Seorang pebisnis pemulah sangat dituntut memahami apa yang ia kerjakan, bagaimana proses dan tahapannya, serta lain sebagainya.

5. Jangan Lupa Berhemat

Berhemat bukan berarti pelit. Berhemat itu perhitungan. Kamu harus mampu menghitung ongkos prosuksi, distribisi dan berbagai hal lainya. Hal ini akan  menjadi dasar kisaran harga produk hasil karyamu ketika kamu melemparkannya kepasar.

Dengan demikian tidak terjadi besar pasar dari pada tiang. Besar ongkos produksi dari pada pendapatan. Sehinga usaha yang kamu kerjakan dapat meraup keuntungan.

Selalu juga ingat. Hemat bukan berarti pelit mengukanakan bahan baku yang kualtitasnya buruk dalam prosdukusi.  Kualitas suatu produk juga ditentukan oleh bahan baku.

Kalau produk yang dihasilkan bagus, pelangan akan senang. Mereka bisa saja menjadi pelangan setia dari hasil produksimu.

Demikian 5 tips wajib yang diikuti jika ingin memulai suatu bisnis.

Sumber: Selasar.com

Artikel Terkait

Mau Memulai Bisnis, Ini 5 Tips yang wajib di ikuti
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email